KAWAH PUTIH


Awalnya kawah putih merupakan puncak gunung yang dianggap angker oleh warga setempat, sehingga tidak seorangpun yang berani menginjakan kaki di hutan tersebut, bahka burung yang melintasinya akan jatuh dan mati, sehingga masyarahat menyebutnya dengan nama Patuha yang di ambil dari kata Pa Tua, si penunggu dan roh yang menjaga gunung itu.

Namun misteri itu terungkap pada tahun 1837 oleh Dr. Franz Wilhem Junghun (1809-1864) dengan berani menerobos belantara tersebut hingga akhirnya beliau menemukan sebuah danau kawah yang indah, yang sesekali mengeluarkan semburan larva serta memiliki kandungan belerang yang tinggi, yang menyebabkan burung-burung enggan melintasi puncak Patuha.

Kawah Putih terbentuk akibat letusan gunung Patuha pada abad X dan XII. Letaknya berada di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan. Jaraknya kurang lebih 46 km dari pusat kota Bandung.
Lokasi objek wisata Kawah Putih berada di ketinggian 2194mdpl sehingga menciptakan suhu yang dingin dan berkabut dan menjadikan nafas kita mengepulkan asap bila kita bernapas atau berbicara dan sesekali kabutpun akan turun melintasi kita hingga pandangan kita tertutup. Alangkah baiknya apa bila anda menyiapjkan jaket dan syal anda.

Kawah putih di pagari oleh tebing Patuha, namun anda tetap bisa menuruni tangga menuju kawah dan menjamahnya, sebab Kawah Putih telah menjadio dingin dan menjadi danau dan warnanya pun bisa saling berganti, terkadang putih, terkadang hijau. Tapi hati-hati kawah Putih masih memiliki bau belerang yang menyengat, usahan agar anda tidak menghirup udara dari mulut karena dapat menyebabkan terbatuk-batuk.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KAWAH PUTIH"

Posting Komentar

hallo agan, silahkan berkometar secara bijak dan santun