MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA


Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) menempati sayap kiri Gedung Merdeka yang terletak di jalan Asia Afrika No 65 Bandung.
Gedung Merdeka diresmikan menjadi Museum Konfrensi Asia Afrika pada tanggal 24 April 1980 atas gagasan Joop Ave sebagai ketua Harian Panitia Peringatan 25 tahun KAA, untuk mengenang peristiwa bersejarah tersebut.
Dalam lorong masuk terdapat foto-foto Bandung tempo dulu. Salah satu ruangan terdapat tv plasma berukuran besar untuk memutar film dari jaman kolonialisme hingga KAA dan lainnya, salah satu ruangan terdapat perpustakaan yang berisikan bermacam-macan Ensiklopedia, majalah, Koran, berbagai buku luar dan lain-lain. Kemudian lorong tersebut terbagi menjadi dua, sebelah kanan terdapat ruangan berisikan sejarah singkat KAA dan bendera-berdera berbagai Negara. Sedangkan ruangan satunya lagi berisikan wahana multimedia yang berisi informasi sejarah KAA tahun 1955. terdapat patung Presiden Soekarno saat membacakan pidato, pers dan kamera yang di gunakan untuk mendokumentasikan momen tersebut. Terdapat juga globe yang berukuran 1,5 m dan berputar dengan sendirinya. Peristiwa seputar KAA, rekaman suara Bung Karno dan teks yang dibacakan pada saat KAA, dll.
clip_image002
Selanjutnya anda akan menemukan informasi profil Negara peserta KAA 1955 serta profil para delegasi KAA itu sendiri. Dan teks serta suara Presiden pertama RI saat membacakan Pidatonya didepan Peserta KAA.
Selain berkunjung dan mendapatkan sejuta pengalaman dari sejarah Gedung Merdeka, anda juga bisa membeli cinderamata berupa Pin, kaos dan pernak-pernik lainnya disalah satu ruangan Gedung Merdeka.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA"

Posting Komentar

hallo agan, silahkan berkometar secara bijak dan santun