KAWAH KAMOJANG


Kawah yang satu ini berada sekitar 1640 mdpl. Hingga bisa menghasilkan suhu 15 °C. Dikawah ini terdapat sekitar 23 kawah yang saling bersahutan menyeburkan uapnya. Namun 8 dari 15 kawah lainnya tidak dapat dilihat karena medan yang harus ditempuh sangatlah sulit.
Salah satu kawah yang sangat dikenal oleh masyarakat ialah kawah kereta api, kawah yang berasal dari panas bumi (Geothermal), ini di Bor oleh Belanda pada tahun 1928. tiupan uapnya yang sangat kencang dan memekakan telinga sehingga benda apa saja yang dilemparkan keatasnya akan terhempas jauh.
Uap dari kawah Kamojang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi milik Pertamina, Indonusa Power, yang distribusinya mencakup pulau Jawa. Dengan kapasitas 60 mega watt.
Manfaat lain Kawasan Kawah Kamojang ialah sebagai wisata ilmiah seperti penelitian flora dan fauna serta gejala alam lainnya. Bisa juga untuk lintas alam. Semburan Kawah Kamojang pun dimanfaatkan sebagai sauna alami yang dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit termasuk rematik, gatal-gatal dan kulit.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KAWAH KAMOJANG"

Posting Komentar

hallo agan, silahkan berkometar secara bijak dan santun